UrFarm: mendekatkan petani dan pemiliknya

                                 

                                 Para pannelist ; u-farm dengan abang none di acara                                   new wave Sustainability agribusiness 

                Berkebun cerdas dan hemat antara kedua belah pihak siapa yang menolak? Inilah yang coba ditawarkan oleh urfarm.  Nama yang unik satu ini bisa dikatakan sangat erat kaitannya dengan kegiatan agrisbisnis. Kata agribisnis ini mempunyai arti kegiatan yang pada menitikberatkan pada sumber daya alam. lalu apa arti kata agribusiness itu sendiri yang mengadaptasi dari bahasa Inggris. Kegiatan ini berbasis pada keunggulan sumber daya alam yang mana sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia juga pastinya. Sekilas itulah yang ingin disampaikan lebih lanjut oleh penulis supaya dapat membuka pandangan para pembaca yang bergerak di bidang agribisnis ataupun yang non agribisnis. 

           Ketika berbicara tentang nama Ur-farm yang terlihat cukup unik ini tidak dapat terlepas dari kata agribisnis.  Dimana belakangan ini pertanian di Indonesia sedang pada titik lemah. Oleh karenanya agribisnis di sini berusaha untuk membantu pertanian yang ada di Indonesia agar dapat bangkit lagi. Indonesia dengan pertanian tidak bisa dipisahkan satu sama lain karenanya kita sudah sepatutnya sebagai masyarakat Indonesia yang baik ikut berperan untuk memajukan hasil pangan yang kita punyai.  Dengan adanya system agribisnis ini diharapkan pertanian di Indonesia dengan model atau sistemnya mampu memberikan keuntungan yang selayaknya yang bagi pelaku-pelakunya. Pelaku-pelaku di sini yang dimaksudkan di antaranya yang berkaitan dengan ufarm adalah petani yang mempunyai ladang perkebunan mereka sendiri. Ur farm dengan inovasinya yang belum pernah dimiliki oleh pengelola bisnis manapun sejauh ini berupaya untuk mendekatkan para petani dan pemiliknya. Sejauh ini yang kita ketahui ini sistem-sistem yang ada di agribisnis Indonesia hanya berusaha untuk memberikan keuntungan yang kurang layak bagi petaninya dengan tidak secara seimbang dan merata. Disinilah ur farm hadir untuk berusaha memberikan solusinya kepada petani-petani yang ada. Semoga ke depannya solusi yang ditawarkan bisa terus bisa dikembangkan untuk kemajuan agribisnis di Indonesia. 

           Tawaran dan inovasi yang menarik tentunya bagi ur-farm untuk para petani di Indonesia untuk lebih marasa aman dengan hasil perkebunannya yang tidak biasanya ditawarkan oleh pemilik modal pada biasanya. Ur- farm disini berusaha untuk merangkul petani-petani agar hasil yang mereka punyai bisa dikelola bersaama dengan u-farm. kalau sudah bisa merangkul dengan baik para petani ure meyakini petani pun dalam bekerja juga lebih baik hasilnya. Konsep ini memang baru tetapi bertujuan mulia di kedepannya dengan hasil dan skala yang lebih cerdas merata pembagiannya.  Ur farm tidak hadir serta merta tanpa alasan dan tujuan yang kuat; bisnis yang mereka meng-klaim diri mereka sendiri sebagai start up layaknya pemilik bisnis yang lain. Tentunya mereka berusha dengan jeli mellihat permasalahan agribisnis terbesar apa yang seharusnya mereka temukan solusinya bersama. Salah satu yang ditangkap oleh Ur farm adalah terlalu besarnya mata rantai yang harus dilalui dari petani sampai ke para tengkulak. Hal inilah yang sepertinya sangat membuat jengah si pelaku petani di sini dengan sendirinya. Mereka sudah mengeluarkan hasil yang sedemikian rupa tetapi pada kenyataanya hasil yang mereka kerjakan sendiri tidak sesuai bahkan mungkin tidak balik modal adanya. Kalau sudah begitu apakah permasalahan ini yang akan terus dialami oleh petani Indonesia dengan hasil perkebunan mereka seterusnya? |Hal yang  mendasar yang ingin disampaikan adalah modal yang dimiliki oleh para pemilik usaha tidak seberapa adanya tetapi mereka masih harus mengeluarkan kocek mereka sendiri. Pertanyaannya apakah hal seperti ini yang akan terus dilakukan oleh para pemillik usaha ini?  Kondisi tidak mengenakkan inilah yang sering menyebabkan petani terjerat pada sistem pinjaman yang tentunya merugikan pihak petani dari segi ekonomi yang tidak sehat. Disinilah Ur-farm berusaha hadir untuk memberikan angin segar dan solusi yang terbaik agar para petani-petani yang ada di Indonesia tidak terus terjebak dalam situasi yang tidak mengenakkan ini lebih berkelanjutan. 

        Angin segar yang seperti apa dengan solusinya yang berusaha untuk diberikan dengan baiknya oleh ufarm; Bila mana ketimpangan harga yang selalu menjadi hal mendasar yang sering kita dengar. Karena nya ur farm berusaha untuk mendekatkan petani dengan para pemiliknya secara langsung .Ur farm berusaha merangkul dan menanyakan akar pokok permasalakhan apa yang bisa dipecahkan bersama-sama. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya karena mata rantai yang terlalu panjang itulah petani dengan para pemiliknya sudah tidak mengenal satu sama lain secara langsung. Konsep yang ingin disampaikan urfarm pun bervariatif adanya dari local farming yang mana bila mencari tentang produk-produk organik. “Konsep kita adalah local farming dengan semangat ingin membantu menyejahterakan petani Indonesia dan membantu konsumen yang ingin mencari produk organik,” ujar Muhammad Yusuf, COO U-Farm, kepada DailySocial. Kalau petani sejahtera tentunya akan baik juga hal yang mereka kerjakan. Bukan hanya sampai di situ saja kinerja yang dilakukan oleh Ufarm tetapi juga mencakup pelatihan lokal petani-petani yang ada. Menurutnya, Ur-Farm ingin memberikan harga yang adil untuk petani Indonesia. Dengan begitu, kesejahteraannya akan meningkat. Selain itu, Ur-Farm juga menyediakan platfrom penjualan mulai dari hulu sampai hilir untuk quality control-nya. Mulai dari transportasinya, material handling, packaging, hingga produk sampai ke konsumen. Dapat dikatakan bahwa Ur-farm adalah satu paket yang lengkap yang terdapat di dalamnya sehingga memang terasa atsmofir di dalamnya yaitu mendekatkan petani dengan pemilliknya. 

       Lewat platform ini, perbandingan sistem bagi hasil untuk petani dan Ur-Farm sekitar 80:20. Bila lewat tengkulak, petani hanya mendapat 10%. Hasil yang ingin dicoba diberikan lebih lagi demi kesejahteraan petani di Indonesia dengan tujuan agar kehidupan mereka dapat lebih terjamin lagi. Bila kehidupan para petani sudah mulai terjamin; demand dari masyarakat Indonesia yang mereka dapatkan pun akan lebih terpenuhinya dengan sendirinya.  Maka dari itu Ur-farming memiliki konsep pre-order bagi mereka yang memesannya. Pre-order di sini memakan waktu kurang lebih 2 minggu dari masa panen yang di butuhkan untuk barang-barang yang ada. Bila panen tiba petani akan megirimkannya pesanan yang diterimanya ke konsumen mereka masing-masing.  Fitur ini yang menjadi pembeda dan kekuatan ure farming tersendiri agar dapat mudah di terima di pasar Indonesia dengan persaingan yang sehat adanya. Strategi pemasaran merupakan hal tersendiri yang dijalankan oleh  ur-farm agar lebih berkembang dengan menambah jumlah petani pastinya yang disesuaikan demand yang terus berkembang dari masyarakat yang memberi nilai kepuasan pada sistem ur-farming serta jumlah varian produksi yang jumlah terus ditingkatkan agar lebih bervariatif. Ur- Farm memberikan rasa yang berbeda juga solusi yang merata bagi petani-petani yang ada dengan memperhatikan kesejahteraan mereka dan para pembeli atau konsumen yang terus merasa dipuaskan.






                                    ur farm team staff member dengan para dua panelist dan
                                    abang dan none sebagai suporter ur farm.


                                


                                       CEO dari ur Farm - Dea Salsabila 


                                      


                                     Marketing direktur Ur Farm- Prisclila Maulina.

                                       

                                      Poster seminar a new wave of sustainable agribusiness.

      

                    

Comments