Bidadari terakhir yang selalu menjadi yang "terakhir"







       Kisah kasih yang biasanya kita senangi adalah kisah kasih yang happy ending. Tapi tentunya kita tidak bisa memilih apakah nantinya kisah kasih kita sendiri akan happy ending dengan kekasih kita; yang ada kita berusaha semaksimal kita. Tapi kali ini kisah kasih dua sejoli yang hanya sempat mencicipi arti dari cinta kasih ini barang sebentar getir tapi membawa makna yang sangat mendalam bagi pihak romenya. Semangat dan dan pengorbanan yang tak kenal lelah sangat kental terasa di dalam film yang diangkat untuk menghormati peran yang mempunyai julukan kupu-kupu malam ini. Kita semua berhak mendapatkan kisah kasih sayang dari orang yang kita cintai dan mencintai kita. Tapi cinta kasih sayang itu bagaimanapun harus kita perjuangkan seumur kita sampai nafas terakir kita. Bila dikatakan ada kupu-kupu malam yang merasa hidup ini sia-sia adanya ada juga tentunya pemuda yang masih berseragam kana abu-abu yang terlihat sekilas belum mengetahui sebenarnya apa arti dari cinta itu. Cinta itu ternyata manis rasanya ketika kita membagikannya kepada orang yang tepat dan masih harus dicintai. Inilah titik tolak dari kupu-kupu mala mini yang mana supaya dia tidak harus merasa ternodai dengan dirinya sendiri haruslah ada orang yang menyadarkan dirinya. Pemuda ingusan ini dengan polos dan lugunya membawa cinta tulus yang ia ingin bagikan dengan dirinya. Awalnya mungkin dianggap sebelah mata tetapi seterusnya kupu-kupu malam yang selanjutnya akan kita sebut dengan nama aslinya yang seindah sebutannya yaitu Eva.

      Kedatangan pemuda ingusan ini yang selanjutnya akan kita sebut dengan nama aslinya yang tentunya juga sangat sesuai yaitu Rasya. Awal perjumpaan mereka tentunya dapat ditebak di dalam tempat dimana Eva biasanya “menjual dirinya sendiri”. Eva yang dari kesehariannya adalah kupu-kupu mala mini terjebak di dalam keadaan yang tidak  mengenakkan karena dirinya tidak mempunyai kelebihan lain selain “menjual dirinya sendiri”. Dari yang dianggap sebelah mata oleh Eva yang terjadi malah kebalikannya Rasya menjadi penolong yang setia sampai akhir maut merengut nyawa Eva. Kisah heroik yang patut diacungi jempol dan yakin kita semua akan merasa luluh hatinya dan tersentuh bila melihat film ini secara langsung.

        Dari awal perjumpaan Eva dan Rasya ; terbersit di dalam hati Eva yang pasti untuk apa anak ingusan ini datang ke tempat ini tanpa ada tujuan. Kepada siapa kita akan menambatkan hati kita tidak akan yang tau pastinya. Bagaimana bisa kalau Rasya terlihat tidak bisa membohongi dirinya kalau memang dia menyukai Eva? Tetapi dia pun harus memikirkan ke depan kalau memang apakah pantas Eva pantas untuk dicintai? Pertanyaan yang harus coba dipikirkan baik-baik? Eva memang gadis paruh belia yang paras eloknya tetapi kenyataannya dia tidak mempunyai ketrampilan apapun kecuali “menjual dirinya” dari hari ke hari ? Di sinilah Rasya datang di dalam kehidupan Eva dan berusaha untuk meluruskan bahwa hal itu tidaklah benar. Rasya berusaha sekuat tenaga untuk mencarikan dirinya pekerjaan yang layak agar hidup Eva mempunyai makna yang tersendiri. Tak hanya itu Rasya juga membiayai pengobatan kesehatan Ibu Eva dari awal mereka bertemu Eva menceritakan kegelisahan hidup yang sedang dihadapinya. Bagaimana bisa seorang pemuda yang baru saja mengenal kehidupan seorang Eva yang jauh dari kehidupan sosial dirinya sendiri. Tetapi di dalam lubuk hati Rasya terbersit untuk menolong kehidupan Eva agar mempunyai maknya tersendiri. Bagaimana dengan kita dengan sekliling yang ada di sekitar kita? Apakah kita setidaknya dapat mencontoh sikap heroic yang ada di dalam diri Rasya? Dia bisa saja tidak memperdulikan kehidupan Eva yang baru dikenalnya itu? Dia bisa juga memilih banyak sekali teman-teman sepermainan nya di dalam sekolahnya? Tetapi takdir tidak akan lari kemana-mana yang pasti dan tidak akan dapat memilih kepada siapa kita akan menambatkan hati kita.

        Hari berganti hari kehidupan Eva terlihat membaik dengan pekerjaan yang dicarikannya juga oleh Rasya. Rasya pun tak canggung diperkenalkan oleh ibu Eva; malah ibu Eva menaruh perhatian yang sangat terhadap pemuda yang santun dan cakap ini. Mereka seperti sudah menjadi satu bagian keluarga tersendiri. Sekarang masalah yang ada ayah Eva dan Eva masih selalu bersitegang dan tidak menyapa satu sama lain karena mereka serasa memiliki ego mereka masing-masing. Ketika ibu Eva masih sakit pun ayah Eva sudah beberapa kali membohongi Rasya seakan-akan Ibu Eva masih memerlukan obat untuk pengobatan. Kesalah pahaman inilah yang sempat membuat Eva berpikir untuk tidak menghubungi dan berkomunikasi lagi satu sama lain. Yang ada Rasya kebingungan dan mencarinya di rumahnya. Benar saja yang Rasya dapatkan Eva tergelatak lemas di tempat tidurnya dan pucat pasi. Rasya pun berkesi keras bahwa Eva harus segera di bawa ke rumah sakit. Di sinilah klimask dari cerita yang hanya sempat sekelebat di cicipi oleh pemuda ingusan yang tulus mencintai kekasih hatinya yang tentunya tak sedikit cibiran yang dilontarkan entah dari ayahnya sendiri sampai ke teman-teman sekolahnya. Ayahnya melontarkan bahwa Rasya telah mempermalukan dan memberi aib bagi keluarganya sendiri bergaul dengan orang macam pelacur tersebut. Tetapi niat tulus dan kesungguhan hati dari Rasya tidak aka nada yang dapat dikalahkan oleh apapun juga. Ayahnya berkata dunia kita dan mereka jauh berbeda Rasya apa yang kamu hendak cari sebenarnya? Perkataan yang menyakitkan hati pemuda ini pastinya tetapi ia pantang mundur untuk terus menolong Eva yang memang butuh pertolongan.

        Dunia kita dengan sesame kita memang boleh berbeda adanya. Tetapi tegakah kita ketika melihat sesuatu yang terjadi yang tak lazim di depan kita dan kita hanya berdiam diri saja adanya. Masihkah hati nurani kita tidak kita pakai andai kata kita melihat kesenjangan sosial itu? Contohlah niat baik setulus hati dari Rasya tanpa memandang sebelah mata yang menolong lawan jenisnya yang memang butuh pertolongan dari segi fisik dan segi materi. Dunia mereka memang berbeda adanya tetapi hati dan rasa dari cinta kasih mereka sama artinya. Mesi memang terlihat cinta mereka absurd atau aneh adanya tetapi cinta yang mereka rasakan satu maknanya yang pasti. Pengorbanan yang tulus jangan dipandang dari status sosial siapa yang akan kita tolong yang ada nanti kita akan merasakan ketidaktulusan ketika kita hendang menolong orang-orang tersebut.

     Singat cerita Eva akhirnya mau dibawa ke rumah sakit setelah dilihat dengan kepala mata Rasya sendiri memang ada yang tidak beres di dalam diri Eva. Disinilah pengorbanan dari Rasya sekali lagi diuji. Apakah dia akan setia sampai mati untuk menemani Eva yang sedang sekarat dan tak berdaya. Kita memang pernah dihadapkan oleh situasi yang seperti ini yang ada? Sudah berstatus suami istri pun dengan ikrar yang kita ikrar dan berjanji seia sampai ujung maut yang ada kita ketika dihadapkan pada situasi yang sulit ini kita dengan mudahnya meninggalkan pasangan kita bak tidak memakai hati nurani kita. Belajarlah dengan lebih pada tindakan heroik yang dilakukan oleh Rasya yang tidak pantang menyerah atas cintanya terhadap Eva. Dia memberikan yang terbaik yang bisa ia lakukan untuk pujaan hatinya. Meski ia dicaci maki oleh ayaknya pun ia tetap berusaha untuk menolong Eva dengan sekuat yang bisa ia lakukan. Tak luput juga angel adik perempuan kesayangan Rasya menolong memberikan materi untuk kesembuhan kekasih terbaik dari kakak laki-lakinya. Tak hanya itu yang terjadi ketika kita berserah dengan kehidupan yang kita milikiki ; hubungan yang ada antara anak perempuan dan ayahnya yang sudah bertahun-tahun tidak pernah akur ini malah di saat itulah diberikan jalan keluar yang terbaik. Eva yang divonis dokter menderita penyakit kritis ini berpikir kalau inilah aib yang harus dideritanya karena perbuatannya yang memang mau tak mau ia lakukan untuk menyambung kehidupan keluarganya dengan ibunya. Tanggapan Rasya pun berbeda dan berusaha untuk tidak menyalahkan keadaan yang sudah terjadi. Rasya yang berpikiran sangat simpatik ini bagaimanapun berusaha untuk tetap tegar meskipun tidak tahu bagaimana keadaan yang akan dialami oleh Eva dengan penyakitnya ini.

     Keadaan Eva pun semakin buruk ia hanya bisa tergelatak lemas di tempat tidur dan seakan tidak mampu untuk menganggakt dirinya sendiri. Ketika mengetahui ajalnya sudah semakin dekat yang bisa ia lakukan untuk mengobati kesepian dirinya ; ia menulis surat kepada kekasih hatinya yang sampai detik ini ia sudah menemukan cinta sejatinya yang ia kira tidak akan dia dapatkan dari siapa pun juga. Surat itu memang pendek adanya tetapi maknanya sangat dalam bagi dirinya ketika menyampaikan isi hati terdalamnya kepada kekasih hatinya itu. Surat itu pun sampai ke tangan Rasya di hari terakhir Eva menghembuskan nafasnya. Tegarlah hati Rasya menerima pemberian terakir dari kekasih hatinya itu yang tak layak di saat terakhir pun dia tak sempat menemaninya. Beristirahatlah dengan damai kekasih hati yang tidak selamanya dia bisa miliki. Paling tidak Eva mengetahui apa arti dari cinta kasih itu yang sesungguhnya. Amin 

 Poster film adegan Bidadari Terakhir. 

                                        Beberapa pemain dari bidadari terakir

Comments