Masa kuliahku selama di Birmingham                    

 

       Kejarlah cita-cita mu setinggi langit itu yang selalu ada di dalam benak kita, untuk dapat mengenyam pendidikan yang sebaik mungkin. Saya bersyukur di mana saya di tempatkan di keluarga yang sangat memperhatikan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya untuk hal yang satu ini. Tentunya orang tua saya mempunyai pemikiran dan pembekalan yang s baik untuk menakar dan menabung dana untuk pendidikan bagi anak-anak mereka sendiri. Jadi dalam arti tidak perlu sungkan untuk menabung uang untuk hal pendidikan daripada kita berfoya-foya untuk hal selain hal di luar itu. Lebih baik kita kaya di dalam warisan masa depan dari pada kita terlihat kaya dari sisi luar saja  tetapi di dalam kita sendiri belum tentu kaya dan mempunyai bekal untuk kita yang ada.  Hal itu yang saya selalu camkan di dalam diri dan benak saya sendiri. Jadi, kita sudah sangat terbiasa untuk di ajarkan menyimpan dan menabung dari apa saja yang bisa kita kerjakan untuk pendidikan kita masing-masing. Hal ini berawal sejak saya menginjak pendidikan di sekolah menengah umum, inilah kisahku untuk memperjuangkan pendidikan untuk dapat berkuliah di Inggris. Semoga pembaca budiman mendapat sesuatu dari pengalaman pendidikan saya ini.  Inilah cerita pendidkanku di Birmingham yang akan aku bagikan.

             

       Untuk mendapatkan pendidikan di Inggris, tentunya perjalanannya tidaklah semudah yang kita bayangkan sebelumnya.  Banyaknya beasiswa yang di tawarkan oleh banyak pihak bagi kita yang ingin mendapatkan pendidikan di negeri Inggris yang tujuannya buka angan-angan semata saja. Salah satunya adalah program beasiswa yang menawarkan bantuan pendidikan di Inggris. Bisa saja dari kita yang bertujuan mengejar program master satu tahun saja hal ini akan membantu. Program ini bisa digolongkan cukup pendek adanya di bandingkan program yang lainnya, tetapi manfaatnya masih tergolong memberikan keuntungan yang berguna bagi kita yang tidak ingin terlalu lama untuk bersekolah di Inggris. Tetapi bisa di katakan dalam kurun waktu satu tahun waktu yang nanggung bagi kita untuk menempuh pendidikan jauh-jauh di negeri orang. Karena keuntungan yang bisa kita dapatkan di saat kita bersekolah di Inggris ini salah satunya adalah kita bisa melanjutkan karir kita setelah kita mengenyam pendidikan di Uk selepasnya. Hal lainnya yang cukup menarik jika kita menyelesaikan pendidikan di UK adalah standard tinggi yang di tetapkan di perguruan tinggi yang ada di sana. Hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi kita agar kita dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk dapat belajar ilmu yang kita minati saat kita mengenyam pendidikan di sana sebaik mungkin, yang belum tentu bisa kita dapatkan selama kita berkuliah di negeri sendiri. Setelah kiat selesai menempuh pendidian di UK secara tidak langsung kita sudah bisa mulai untuk hidup mandiri dan mengurus segala keperluan yang kita perlui sehari harinya selama di sana dan tidak tergantung pada orang lain. Jadi sesaat setelah saya selesai mengenyam pendidikan selama 2 tahun di negeri orang pun, saya akan pulang untuk membawa modal mandiri saya seterusnya pula.

 

        Alasan selanjutnya yang saya yakini  bahwa UK menjadi pilihan saya selama nanti saya akan meneruskan pendidikan saya setelah saya lulus di jenjang pendidikan menengah di Indonesia salah satunya karena UK adalah salah satu negara yang mempunyai tingkat toleransi yang cukup tinggi. Karena untuk saya pribadi dengan kehidupan yang mempunyai toleransi yang tinggi, di dalam kehidupan bersama mereka akan dapat hidup rukun berdampingan satu dengan yang lainnya dan tidak mementingkan ego atau kepentingan mereka masing-masing. Negara kita memang negara yang mempunyai slogan bhineka tunggal ika dari zaman nenek moyang mereka. Akan tetapi bukan dalam pengertian mengecilkan atau memandang sebelah mata akan hal yang di miliki oleh negara kita sendiri. Terlihat jelas bahwa anak muda Indonesia atau yang tua pun masih kurang rasa toleransinya dengan sesama di dalam aspek apa pun. Karenanya saya memutuskan untuk bertolak ke negeri UK – agar nantinya saya bisa mengalami sendiri bagaimana saya rasa toleransi itu sendiri di ajarkan , di aplikasikan dan di terapkan di dalam pengertian di negara mereka. Mau tau pengalaman saya selama kuliah di negeri Uk yang berkenaan dengan toleransi? Nantikan sharing menarik saya di bawah ini untuk hal yang dapat menggugah hati kalian masing-masing.

 

 

      Pendidikan, apa yang ada di benak kita sekalian saat ini? Apakah pendidikan hanya menjadi tolak ukur kita untuk menunaikan dan demi selembar ijazah yang akan kita pakai nantinya di saat kita melamar pekerjaan di saat nanti kita bekerja? Apakah untuk hal itu saja yang ada di pikiran kita teman-teman sekalian. Tentunya manfaatnya akan sangat banyak sekali untuk dapat di kita temui di dalamnya. Mari kita telusuri manfaat-manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan di saat kita akan berkuliah di luar negeri untuk hal yang lebih baik tentunya. Bagi kita yang sudah terbiasa untuk hidup mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Kuliah di luar negeri sepertinya bukan hal yang cukup sulit untuk di tempuh tentunya. Jadi, sudah siapkah kita untuk meluncur, membagikan pengalaman kita selama kuliah di luar negeri yang mempunyai kesan tersendiri?

 

     Pendidikan menjadi tolak ukur di dalam keluarga kami  saya sangat bersyukur kepada orang tua saya yang sangat mementingkan arti dari pendidikan itu sendiri kepada kanak-anaknya. Yang saya camkan adalah boleh “kaya” di dalam hal pendidikan dan pemberian sosialmu janganlah kurang ataupun kurang.  Akhir kata tujuan terakhir saya  berkuliah di Inggris atau UK setelah saya menyelesaikan kuliah adalah untuk belajar tentang toleransi yang di ajakarkan di negeri UK. Pengajaran perkuliahan di UK tentu sangat beraneka ragam dan membutuhkan pemahaman tersendiri.  Hal ini yang tentunya tidak mudah bagi untuk di lakoni atau di jalani jika belum di jalankan terlebih dahulu. Nah, ini yang membuat saya ingin dapat kuliah di negeri UK ini dan mantap menata pendidikan saya selanjutnya di sana dan belajar untuk terus bertoleransi satu dengan yang lainnya. Selamat datang dunia pendidikan Birmingham semoga mendatangkan hal yang berguna di pendidikan ku kelak di masa depan. Kejarlah terus pendidikan yang sudah kita punyai yang mana nantinya kita bagikan ke pihak yang membutuhkan. Bagi yang mash butuh informasi beasiswa di mana seharusnya mereka mau menempuh mangambil beasiswa ada sebuah platform tentang beasiswa pendidikan yaitu universitas 123. Di mana di Universitas 123 kita bisa mendapatkan informasi beasiswa di dalam maupun di luar negeri baik dalam atau di luar negeri sesuai dengan bakat dan kemampuan kita masing-masing.

Comments