Hainan-surga kecil nan unik milik negeri cina



Keindahan Patung Dewi Kwan Im yang hanya anda dapat temukan di Hainan


                                        Banner Blog competition HIS Travel Indonesia
                                         Makanan khas yang dipunyai Hainan- tak lain Nasi Hainamnya.



    Kota yang di juluki sebagai Hawainya China ini, punya segudang sekali tempat wisata yang tentunya pantas untuk di jadikan objek wisata. Hainan tidak seperti kota yang ada di Cina pada umumnya. Di mana kota Hainan mempunyai cuaca yang bersahabat. Tetapi uniknya saat musim dingin, di Hainan cuacanya tidak terlalu ekstrem katakanlah sekitar 19-25 derajat celcius. Sebaliknya saat musim panas datang, tetap cuaca yang ada di Hainan tetap hangat sekaligus menyenangkan dengan suhunya yang “membengkam” kita di sekitar 24-35 derajat celcius. Sepertinya cukup nyaman dan sangat menyenangkan bukan bagi kita yang akan mencoba bepergian ke “Hawainya Cina” yang terletak di Cina bagian selatan ini bukan? Sepertinya cuacanya sama sekali tidak seperti yang ada di Indonesia pada umumnya, bila panas mulai datang akan cukup menyengat dan membuat gerah kita. Senang sekali tentunya jika kita bisa mengunjungi Hainan dan melihat langsung apa yang bisa kita dapatkan di kota ini dengan kepala mata kita sendiri. Lalu, apa yang bisa kita dapatkan setelah kita menginjakkan kaki kita di “ Hawainya cina “ secara langsung. Daripada membuat kita sendiri penasaran, yuk mari kita segera telusuri dengan kepala mata kita sendiri.

     Dari nama dan julukannya sendiri sudah dapat kita tebak, di mana Hainan ini di kelilingi oleh kepulauan dan tentunya pantainya yang sangat cantik nan elok. Karena itu pantai menjadi atraksi atau objek terutama yang ada di Hainan. Sejauh ini ada dua buah pantai yang terkenal dan bagus yang ada di Hainan yang terkenal. Dua buah pantai tersebut adalah pantai pesisir putih Sanya Bay dan pantai Dadonghai yang terkenal dengan julukannya yang berbentuk bulan sabit. Karena bentuknya yang bulan sabit itu maka tentunya sangat asyik untuk dijadikan berselancar dan parasailing. Pantai yang mempunyai lebar 7 km di teluk Yalong ini sangat cocok untuk menyelam dan berenang tentu saja. Di pantai ini tentunya dapat dijadikan untuk bermain golf dengan lebarnya pantai yang sangat lebar. Perairan jernih dekat pulau Wuzhaizhou ini juga sangat memungkikan untuk para traveler untuk melihat sampai jarak 27 meter ke dasar laut.

    Sanya sebagai tambahan populasinya mencapai 684.408 orang. Kota ini terkenal dengan iklim dengan daerah seluas 1919.58 kilometer persegi. Yang terkenal lagi di kota ini adalah iklimnya yang tropis dan muncul sebagai tujuan wisata yang popular, tentunya difungsikan sebagai tempat latihan tim nasional voli pantai Tiongkok. Kota tetapi ini juga dikenal sebagai “Florida-nya Tiongkok”. Florida di sini artinya menarik sejumlah besar pensiunan dari timur laut Tionglok selama musim dingin. Sedangkan sejarah nama dari Sanya yang diartikan dalam bahasa mandarin kurang lebih seperti berikut. Arti dari kata Sanya adalah sederhana, yang mana kota ini terletak di  di paling selatan di proveinsi Hainan dan merupakan salah satu dari empat kota setingkat prefektur di provinsi Hainan, di tenggara Tiongkok. Dan menurut sensus 2010, populasi Sanya mencapai sampai 685,408 yang tinggal di daerah seluas 1919,58 kilometer persegi. Lalu hal spesial apa mungkin yang bisa kita dapatkan dari kota Sanya ini lalu? Yuk jangan sampai ketinggalan lagi untuk menelusuri tentang keindahan yang terselubung di kota Sanya ini.

      Kota Sanya yang tidak kurang jauh dari Indonesia yaitu beriklim tropis ini dan muncul tujuan wisata lainnya yang popular yang fungsinya sebagai tim nasional voli pantai di Tiongkok. Hebat kan ternyata yang terdapat di kota Sanya ini.  Yang lain lagi dari kota Sanya adalah ternyata dijuluki sebagai “florida” nya Tiongkok. Mengapa demikian? Ternyata di Sanya telah dijadikan perkumpulan kecil orang Utsul. Lalu apa di sini saja beberapa fakta unik yang di miliki oleh Sanya sendiri, ternyata tidak lo akan tetapi sanya mempunyai  6 fakta unik lainnya yang dapat dibanggakan tersendiri oleh Sanya sendiri? Mau tau lebih lanjut apa sajakah? Ayo mari kita lihat dan simak sendiri ,“hal-hal” yang belum kita temukan di dalam kota Sanya ini.

   
    Ternyata di dalam kota Sanya ini ada yang mana sudah sempat disampaikan, cuacanya tidak beda dengan yang ada di Indonesia. Yang artinya Sanya memiliki cuaca yang bersahabat. Meskipun yang mana kita ketahui bahwa negara Cina memiliki 4 musim cuaca seperti yang ada di negara Eropa. Akan tetapi pengecualian yang ada di kota Sanya ini sangatlah spesial. Di mana kota Sanya di saat musim dingin datang, suhunya tidaklah terlalu dingin atau ekstrem, dinginya hanya mencapai kurang lebih 19-25 derajat celcius. Sedangkan saat musim panas datang bukannya panas yang menyengat yang ada akan tetapi lebih kepada hangat yang diraskan dengan suhu sekitar 24-35 derajat celcius. Sangat unik ternyata yang dimiliki cuaca oleh Sanya ini sendiri dengan cuacanya yang cukup bersahabat. Nah, tentunya kita berpikir menagapa cuaca tersebut bisa sampai demikian terjadi di kota Sanya. Ternyata, hal itu di sebabkan karena di dalam kota Sanya di kelilingi oleh banyaknya pantai yang cantik. Karena itu, di dalam kota Sanya saat musim dingin menjelang tidaklah terlalu dingin yang ada. Nah, masih tersisa ada 4 keunikan yang dimiliki oleh Hainan ini sendiri jangan sampai ketinggalan untuk mengikutinya ya.

       Setelah Sanya “memanjakkan” kita dengan 2 keunikan yang dimikikinya yaitu cuacanya yang bersahabat di tambah dengan banyaknya pantai yang dimilikinya. Hal lainnya yaitu bagi para wisatawan atau traveler yaitu dengan berbagai pantai yang dimilikinya tentunya. Nah, hal ini jugalah yang di miliki oleh Sanya sendiri yaitu dengan banyaknya berbagai macam pilihan objek wisata yang ditawarkan oleh Sanya sendiri tentunya akan semakin banyak para wisatawan yang akan datang ke Sanya.

     Sanya yang terkenal dengan “Floridanya” cina ini, ternyata masih memiliki desa-desa nelayan yang ada yang terletak di puncak bukit Semenanjung Luhuitou dan Taman Kawah Gunung Berapi di bukit semenajung Luhuitou dan Taman Kawah Gunung Berapi atau Volcanic Crater Park. Selain tempat kawah gunung yang disajikan dengan apiknya oleh Sanya, yang lainnya kita bisa temukan di pulau Monyet Nanwan yang mana merupakan satu-satunya pulau untuk para kera yang ada di muka bumi sepertinya. Begitu memukau dan mempesonanya objek wisata yang ditawarkan oleh Sanya. Lalu jika kita berjalan sedikit dari pulau Monyet Nanwan ini kita akan menemukan Sea Turtles 911 yang merupakan rumah sakit khusus penyu laut. Kurang mempesona yang bagaimana yang diberikan oleh Sanya ini sendiri untuk para wisatawannya. Kemudian last but not least kita akan kembali dimanjakan oleh pulau Xinglong Botanical Gardens. Di mana luas areanya mencapai 400.000 km2 yang merupakan habitat bagi lebih dari 1.200 spesies tanaman yang mana termasuk kopi, lada, coklat dan durian. Ternyata Sanya sama sekali tidak mau setengah-setengah di dalam memanjakan dan memberikan yang terbaik kepada para wisatawannya. Dan sudah barang tentu para wisatawan akan merasa sangat dimanjakkan dengan sangat oleh keindahan objek wisata yang ada di dalam Sanya ini sendiri. Masih ada kah lalu keindahan dan keunikan yang ingin ditawarkan oleh Sanya? Ternyata masih ada tentunya.

    Setelah mata dan perasaan kita dimanjakan oleh bentuk objek wisata yang ada di dalam kota Hainan ini apakah sampai di situ yang di berikan oleh Hainan lalu? Ternyata tidak sampai di situ. Di mana Hainan kembali memberikan kelebihannya yang mana kali ini, tidak jauh dari apa yang di punyai oleh negara tirai bambu ini tentunya. Lalu, apalagi keunikan tersendiri yang dimiliki dari Hainan ini untuk para wisatawannya yang setia. Kalau tebakan anda cukup tepat mengacu kepada pada pengobatan, Hainan dapat membawa anda lebih lanjut mengenal Hainan yang sesungguhnya. Sebagaimana yang kita ketahui pengobatan tradisional di Hainan cukup popular tentunya. Begitu populernya sampai pemerintah Cina memberikan support atau dukungan secara menyeluruh dan prima kepada pengobatan tradisional di Hainan. Lokasinya ada di Sanya tepatnya. Jadi bagi kita yang berencana untuk mengambil pengobatan tradisional kita bisa melihatnya terlebih dahulu di informasi di google. Lalu setelah objek wisata lalu pengobatan tradisional yang diberikan oleh Hainan, lalu apa lagi yang hendak di paparkan lebih lanjut oleh Hainan. Dua buah kejutan sudah menanti untuk kita dengar dan simak tentunya.

      Tidak banyak tentunya dari kota-kota yang ada di Cina yang memberikan “hal-hal” yang sangat istimewa dan spesial seperti layaknya Sanya sudah barang tentu. Setelah kita dimanjakkan oleh objek wisata yang unik dari pulau yang dikhususkan untuk monyet dan rumah sakit untuk penyu atau kura-kura di tambah dengan pengobatan tradisional. Negeri cina tentunya tidak bisa dipisahkan dengan makanan khasnya yang mendunia tentunya. Tidak ketinggalan dengan Hainan tentunya. Jika kita berlibur ke Hainan tidak akan lengkap jika kita belum mencicipi kuliner lokal yang ada di Hainan sendiri. Makanan apa saja yang bisa kita dapatkan di Hainan lalu? Di mana Hainan adalah tempat tropis, karenanya makanan yang di sediakan akan tentang makanan yang berbau sea-food. Terutama kita akan menemukan lobster dan abalone yang harganya cukup mahal. Makanan yang mejadi favorit yaitu bernama dabianlu di mana kita bisa menemukan daging kepiting, udang, kepala ikan dan kerrang di tambah dengan sayuran yang disajikan di dalam satu mangkuk yang cukup besar. Nah, sebagai tambahan jika kita penyuka kepiting, di Hainan kita akan menemukan makanan bernama kepiting Hele. Yang mana kepiting ini akan dimasak dengan jahe, bawang putih dan cuka. Cukup unik bukan, mungkin tambahan pelengkap itu untuk menghilangkan kolesterol yang ada di dalam kepiting bagus dan baik juga tentunya maksudnya ya, boleh untuk di coba nih. Tetapi, jangan kawatir bagi kita yang kurang menyukai makanan laut kita bisa memilih untuk memilih nasi ayam Hainan. Di mana tentunya rasanya akan terasa cukup familiar bagi orang Indonesia. Jadi, kita tidak sabar untuk segera memakan makanan khas yang di sajikan dengan baiknya di Hainan ini sendiri ya. Ternyata masih ada satu lagi keunikan yang di berikan oleh Hainan, mari kita ikuti ya sampai selesai.

   Nah, karena Hainan adalah objek wisata yang cukup unik yang ada di negeri Cina, tentunya bukan wisatawan yag berkelas tinggi saja yang pergi mendatangi Hainan. Dari kalangan wisatawan kelas kakap atau tinggi sampai k eke backpacker dan kelas tinggi sekalipun. Hainan tidak membedakan kalangan wisatawannya yang ada tersebut, meskipun dari berita yang beredar pulau ini mungkin melihat dari status wisatawan yang berdatangan lebih fokus pada perjalanan premium. Mulai dari hotel yang terknal menawarkan akomodasi mewah di pulau Hainan, termasuk Anantara, Banyan Tree, Conrad, Kempinski, Mandarin Oriental, Park Hyatt, Ritz Carlton dan St. Regis. Tidak ketinggalan juga pendatang hotel terbaru yaitu Atlantis Sanya, lengkap sudah keistimewaan yang ditawarkan oleh Hainan. Proyek yang baru di buka tahun ini, dimiliki dan di kelola oleh tim yang mengawasi Atlantis The Palm di Dubai. Atlantis Dubai ini sendiri dilengkapi dengan Menara sampai dengan 52 lantai, suite bawah air, bahkan laguna scuba diving dengan 270 spesies laut. Terlalu indah untuk tidak di nikmati begitu saja. Nah, bagaimana dengan kita lalu? Apa yang ingin kita dapatkan di dalam kota Sanya mau berlibur saja mencari objek wisata atau apa yang menjadi fokus kita di dalam kota Sanya. Tentukan pilihan anda dahulu dan hitung-hitung budget yang anda miliki mulai dari sekarang.







Comments