Para wanita sudah sepatutnya menjaga kesehatan dirinya.

                              sebagai wanita kita sebaiknya menjaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi buah-buah dan sayur- sayur an yang sesuai takaran.

     Sehat sesuai dengan waktunya, itulah yang kita maui sebagai wanita yang       cantik luar dan dalam bukan.

      Ora et labora, itulah kira- kira apa yang saya saya sudah coba jalankan sebagai perempuan aktif di kesehatian. Banyak sekali cara kita masing-masing tentunya di dalam menjaga kesehatan kita masing-masing.Tentunya kita perlu memperhatikan apakah sudah tepat atau benar pola hidup yang kita jalankan sehari-hari sampai sekarang ini dengan tingkat aktivitas yang sangat tinggi yang kita miliki tentunya. Tentunya melalui kebiasaan hidup sehat akan mencerminkan setidaknya cara yang sudah kita jalankan di setiap harinya guna menghindari penyakit yang semakin banyak sampai saat ini dan yang penting juga yang perlu di ingat adalah untuk meningkatkan kualitas hidup untuk masa depan kita sendiri. Lalu kebiasaan hidup yang seperti apa saja yang sepatutnya kita jalankan agar wanita-wanita yang ada tidak terkecuali yang hidupnya di perkotaan dengan tingkat stress pekerjaan dan kesehariannya dapat lebih memahami kualitas hidup mereka masing-masing sudah tepat atau belum. Kalau belum yang menjadi jawaban terbanyak dari para wanita-wanita pebisnis tidak terkecuali, tidak ada salahnya bagi kita untuk membaca dan memperhatikan tips artikel berikut ini. siapa tahu dapat membantu.


     Kebiasaan atau pola hidup yang sehat akan mempengaruhi dalam keseharian kita sudah barang tentu. Namun apakah sudah tepat dari pola hidup yang kita jalankan sampai dengan detik ini. Mulai dari konsumsi makanan kita, olahraga yang teratur, dan mengatur kestabilan emosi itu yang seringkali masih dianggap kurang penting untuk kita. Akan tetapi seringkali dari kita sebagai wanita mengindahkan hal yang malah penting tersebut, jika sudah begitu yang ada pikiran kita dengan keselarasan kita bekerja tidak dapat bekerja dengan seimbang yang semestinya.  Dapat dikatakan tinggal dan bekerja di ibukota Jakarta ini bukanlah suatu perjuangan yang sepele, tiap harinya kita harus dapat bersaing hidup dengan kemacetan di mana-mana dan pekerjaan di kantor yang menumpuk yang sudah menunggu kita di pagi harinya. Belum setelah selesai kita mengerjakan pekerjaan ini, yang ada kita masih disuguhi oleh kemacetan di mana-mana lagi. Pertanyaannya apakah kita masih bisa mengubah atau memperhatikan pola makan yang kita asup? ada baiknya agar kita dapat memperhatikan asupan kita sehari-harinya.

         Seperti yang kita ketahui, asupan yang seperti apakah yang seharusnya kita perhatikan. Sebagai contoh sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang alami adanya . Dimana tentunya untuk kita yang para pekerja yang tingkat stressnya sangat tinggi, kita akan lebih memilih makanan yang siap saji yang belum tentu mempunyai kadar kesehatan dan tingkatg gizi yang mencukupi. Biasanya malah yang kita pilih di tengah kesibukan kita mungkin saja mie instan atau mia ayam dan nasi goreng , bakso , ayam bakar ataukah gorengan misalnya.  Yang penting menurut kita, makanan tersebut dapat mengeyangkan dan kita dapat kembali beraktivitas di tengah kesibukan kita. Hal ini kalau lama-lama kita jadikan dari kebiasaan dan pola hidup kita di keseharian kita, yang ada kita akan menimbun penyakit terus-menerus. Kita dikejar oleh pekerjaan yang tidak kian habis dan kitapun harus berlomba dengan asupan yang kita makan. Inilah tingkat pemicu penyakit tingkat tinggi jika boleh diambil kesimpulan, ditambah kita makan dengan waktu yang tidak teratur. Sudah barang tentunya yang ada nantinya kita malah tidak tidak bisa berkonsentrasi saat bekerja dan penyakit timbul di saat kita harus menyelesaikan pekerjaan di kantor. Pertanyaanya, apakah kita masih menilai menjaga kesehatan adalah hal yang mutlak bagi kita? Jika ya, kita hartus mau merubah pola makan yang kita asup tentunya untuk kesehatan kita sendirinya. 

           

    
        
Melakukan kebiasaan hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menghindari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengatur kestabilan emosi memiliki dampak untuk menjaga kesehatan. Berikut tips untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.
Konsumsi makanan alami
Makanan kemasan dan olahan umumnya mengandung tinggi gula, garam, lemak tidak sehat, dan kalori. Pilihlah jenis makanan sehat yang alami seperti:
  • Buah dan sayuran segar
  • Biji-bijian
  • Makanan yang mengandung tinggi serat
  • Ikan segar
  • Daging sapi dan unggas tanpa lemak
  • Makanan yang mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dll
  • Susu rendah lemak
Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, lemak sehat, karbohidrat tepat, dan serat lebih baik dari pada melakukan diet ketat.
Menjaga kestabilan emosi
Umumnya wanita sering berada dalam kondisi stress karena pekerjaan, anak, keluarga, teman dan situasi di tempat bekerja. Terlalu stress dapat memicu beberapa kondisi penyakit, seperti:
  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri perut bagian atas
  • Nyeri punggung
  • Susah tidur
  • Berat badan bertambah
Untuk menjaga supaya tidak terlalu stress dapat melakukan beberapa hal, seperti:
  • Yoga atau tai chi
  • Olahraga
  • Meditasi
  • Pijat
Berolahraga setiap hari
Tubuh akan menjadi semakin sehat jika semakin banyak bergerak. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membangun kekuatan otot dan tulang, dan mengatasi gangguan kesehatan. Lakukan olahraga seperti jalan cepat atau menari selama 2,5 jam setiap minggu atau melakukan olahraga yang lebih keras seperti berlari atau berenang selama 105 menit setiap minggu. Namun, jika pekerjaan terlalu sibuk maka dapat berolahraga dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari.
Memiliki berat badan ideal
Umumnya wanita lebih khawatir jika mengalami peningkatan berat badan atau memiliki berat badan yg lebih dari normal. Jika dari perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), seseorang memiliki berat badan yang tidak ideal maka perlu melakukan usaha menurunkan berat badan. Berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Usahakan untuk dapat menurunkan berat badan 1-2kg tiap minggu.
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu melacak riwayat kesehatan dan dapat membantu agar tetap sehat. Misalnya, saat hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki resiko untuk mengalami osteoporosis, maka dokter dapat memberikan kalsium atau vitamin D dengan dosis tepat untuk menjaga kekuatan tulang. Jika tidak memiliki gangguan kesehatan maka dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.
Melakukan kebiasaan sehat
Buatlah keputusan untuk memilih hidup sehat agar tidak mengalami gangguan kesehatan di masa mendatang.
  • Menggosok gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang floss tiap setelah makan
  • Tidak merokok
  • Membatasi konsumsi alcohol
  • Jika mengkonsumsi obat maka harus sesuai anjuran dokter
  • Memiliki tidur yang berkualitas dan cukup (8 jam sehari)
  • Menggunakan tabir surya ketika harus beraktifitas dibawah sinar matahari
Wanita kuat membutuhkan tubuh yang selalu sehat
Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:
  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB
Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.
Sumber:

Comments