Sejarah HUT DKI di tanggal 22 Juni, selamat ultah DKI JKT ke -493


       Logo Hari Ulang Tahun ke-493 DKI Jakarta dengan tema Jakarta Tangguh.

   Ibu kota ku memasuki di hari ini... saya di layani dengan cukup ramah membuat hati nurani terpesona di hari senin yang indah ini. Boleh bersyukur saya di lahirkan di hari jadi yang sama dengan ibu kota tercinta. Apakah saya mendapat kado yang terindah dari ibu kota saya sendiri? Berharap boleh kan? Petugas TransJakarta sudah bersiap dengan baju keseharian dari seragam Jakarta hari ini. Senang rasanya bisa melihat Jakarta tidak terlalu terlelap dan tertidur di hari jadinya sendiri di hari senin yang cerah ini. Lalu apakah di hari jadinya sendiri Jakarta akan melakukan perubahan tersendiri untuk kesejahteraan kotanya sendiri atau bagaimana? Usia yang sama sekali tidak sedikit untuk sebuah kotanya sendiri bayangkan Jakarta sudah menginjak di usia 493 dan menurut saya masih banyak sekali tatanan hal yang harus di perbaiki di sana sini. Kalo begitu saya coba lihat sedikit ke belakang apa yang memprakarsai di tanggal 22 Juni sebagai hari jadi ibu kota Indonesia yang tercinta ini 493 tahun yang lalu tentunya. 

   Perubahannya harus terlihat signifikan dan nyata tentunya di mulai dari fasilitas transbush Jakarta yang sudah mulai memperlihatkan perubahan signifikan social distancing dan jam pelayanan operasional yang memadai dari warganya sendiri. Sampai ke tanah abang yang sangat baik setiap harinya. Sampai tempat umum lainnya taman impian dunia fantasi atau ancol yang masih aktif sampai sekarang. Kita pun masih bisa menyaksikan kesenian khas dari Jakarta sendiri mulai dari lenong sampai dengan abang none Jakarta yang masih di lestarikan dari waktu ke waktu atau sampai topeng betawi misalnya. Sampai ke makanan khas Jakarta mulai dari roti buaya, bir pletok, ketoprak atau kerak telor. Semuanya masih bisa kita nikmati sampai dengan sampai sekarang. Saya sebagai warganya yang berulang tahun di persis tanggal Jakarta pun boleh berbangga dan tersenyum senang. 

      Jakarta begitulah masih tetap menjadi ibu kota dengan kotanya yang gemerlap di sana-sini akan tetapi masih banyak tempat umum yang bertebaran yang belum memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya sendiri. Tentunya butuh kerjasama seluruh dari warga Jakarta semuanya agar kita bisa menikmati keseluruhan layanan masiv dari Jakarta sendiri. Sejarah dari tanggal 22 Juni ini di tetapkan saat sunda kelapa di rebut oleh orang Portugis. Di saat itulah wali kota Jakarta Sudiro menetapkan Batavia atau Jakarta sebagai hari jadinya.. Bisa di bilang konteksnya lebih ke semangat di dalam kebangsaan yang menciptakan ibu kota yang dapat di banggakan. Hal itu jika di kaitkan dengan Fatahillah karenanya di tetapkan dan di resmikan di tanggal 22 juni sebagai hari jadi sebagai bertambahnya usia dari ibu kota Indonesia tercinta. Terus maju dengan seimbang dan pesat sesuai warga mu yang terus menyambutmu dari hari ke hari dan tahun ke tahun ya. Tanpa atau tidaknya MC Donald yang sudah menghilang di Sarinah tercinta. Jakarta akan tetap di hati kami semua . 

    

   

Comments